Piña Colada Puding

The piña colada (Spanish, strained pineapple: piña, pineapple + colada, strained) is a sweet, rum-based cocktail made with rum, cream of coconut, and pineapple juice, usually served either blended or shaken with ice. It may be garnished with a pineapple wedge or a maraschino cherry. The piña colada has been the official beverage of Puerto Rico since 1978.
Source : Wikipedia

Piña Colada Pudding

Puding ini sebenarnya saya buat sebulanan yang lalu. Baru sekarang sempat di upload ke blog. Sok sibuk? mungkin. Tapi beneran, saya cukup sibuk *kewalahan* sebulan terakhir ini. Rasanya tidak banyak resep baru yang sempat saya coba di dapur. Okey, seminggu ke depan anak-anak saya libur akhir term 1, mudah-mudahan saya punya cukup waktu untuk mengupload resep atau paling tidak 'cerita' yang masih tersimpan.

Puding mungkin adalah suguhan yang tidak pernah kalah pamor dengan snack ataupun dessert apapun. Mudah dibuat dan nyaris tidak pernah gagal. Tampilannya cantik, rasanya lezat.
Saya sendiri cukup kagum dengan tim kreatif 'Primarasa Femina' dalam mengutak-ngatik berbagai resep. Paling kurang sudah ada 3 buku resep puding keluaran Primarasa yang terdampar di dapur saya.

Jika Pina Colada aslinya adalah berupa cocktail berwujud minuman (cair), makan Pina Colada Puding ini tentu berwujud lebih padat, tapi lembut sekali. Ternyata kombinasi nanas, rum dan santan kelapa begitu lezat ketika menyatu.

Pineapple & CoconutPiña Colada Pudding

Piña Colada Pudding
source: Primarasa, Seribu Rasa Puding
Bahan :
500 gr nanas kupas
150 ml air
200 ml santan kental
150 gr gula pasir
1 bungkus (7gr) agar-agar putih
50 ml rum
25 gr kelapa parut kasar, sangrai kering, taburi gula pasir (hingga menyatu)
nanas potong untuk hiasan
manisan ceri merah untuk hiasan (optional)

1. Siapkan 4-6 gelas, basahi dengan sedikit air. Cingcang kasar nanas, masukkan ke dalam blender. Tambahkan air, lalu proses hingga halus, angkat, saring hingga diperoleh 600 ml jus nanas, buang ampasnya.
2. Campur jus nanas, santan kental, gula pasir dan agar-agar putih dalam panci, aduk rata. Jerang di atas api sedang, masak terus hingga mendidih dan gula larut, angkat. Aduk terus hingga agak dingin, tambahkan rum, aduk rata.

Piña Colada Pudding

3. Tuang adonan puding ke dalam setiap gelas hingga 3/4 penuh. Biarkan hingga puding mengeras.
4. Taburi puding dengan kelapa parut dan hias dengan potongan nanas (dan potongan ceri), hidangkan.

Piña Colada Pudding

Have a Nice Weekend, My Friends...

Comments

Anonymous said…
Allo Mbak Vania, jadi pengen coba. Saya biasa bikin agar doang ato pudding coklat. Lain kali saya coba ini, biar ada variasi...beautiful styling Mbak Vania terutama saya suka ide daun nanas untuk mempercantik puding...thanks for sharing!
Febee said…
Halo Mbak...resep ayam kuningnya saya copas yah..sekarang ayam kuning resep mbak Vania menjadi favorit di rumah dan resep nya udah aku publish di blog saya beserta link blog nya mbak Vania..sekali lagi thanks yah...btw, blog nya kereen banget mbak...
raisyah said…
Salam kenal ya mbak. Blognya bagus banget. Foto-fotonya selalu berhasil bikin saya ngeces. Mau tanya, kalo puding pina colada-nya gak pake rum, kira-kira rasanya jadi beda jauh gak sama aslinya? Makasih ya mbak...
foto foto di blog ini selalu bagus, boleh tau ga pake lensa apa?
saya selalu kecanduan untuk berkunjung ke blog ini...
salam kenal ya
Vania said…
Roossy, Thank you...
Ini emang salah satu alternatif variasi puding, tapi teteeep anak2 mah prefer puding coklak :D

Febee, thanks.
Silahkan di link :)

Raisyah, ini aku pertama kali nyoba bikin puding ini. Kalau pun gak pake rum, mungkin akan beda dikitlah rasanya. Tapi pasti tetep enak kog. Makasih sudah mampir.

Viani,
makasiih. *ini kecanduan yg bagus kan :)*
Oh iya, saya pake prime lens 50mm.
ezriwani said…
salam kenal...vania
aku suka banget lihat tampilan pudding ini....ku contek aaaah resepnya...pasti anak2 suka, boleh kaaan? thanks ya