Hot Cross Muffins

Menjelang Paskah, banyak banget hotel dan bakery di sini yg ngiklanin 'their best hot cross buns'. Cooking Magazine juga rame-rame nampilin berbagai masakan 'paskah' dari berbagai negara, temasuk si hot cross buns nan populer itu.
Kalau tahun lalu saya sempetin bikin roti tsb, tahun ini sempet bingung dulu, mau bikin apa yah? Sampai akhirnya dapet ide 'curang' tapi 'cerdik' ini dari buku 'Muffin Bible'.
Sebenarnya 1-2 tahun terakhir saya bener2 gak bisa percaya ama resep muffin manapun, saking jatuh cinta ama buku tua 'Muffin Mania' warisan nyokap (eh iya, bbrp wkt yll cucunya si penulis buku ninggalin comment di postingan saya itu, ya ampuuun). Sampai bbrp hari yll, saat nemenin anak2 ke toko buku, saya belilah buku 'Muffin Bible' itu. Resep2nya banyak (170 resep) & menarik, fotonya cuantik2 plus harganya sangat 'reasonable' untuk dompet saya (dibawah Rp 50.000!). Dan saya yakin buku itu akan kepake bgt di dapur saya. Dan... akhirnya Paskah kali ini di rumah kita pun tersaji Hot Cross Muffins!
...Hot cross muffins, Hot cross muffins,
Everybody loves hot cross muffins.
Happy Easter!

Hot Cross Muffins 1

Hot Cross Muffin Recipe, source : Muffin Bible.
2 cups flour
3/4 cup sugar
2 tsp baking powder
1/2 tsp salt
1/4 tsp ground cinnamon (sy pake 1 tsp)
1/8 tsp ground allspice
1 cup milk
125 gr butter, melted and cooled slightly
1 egg, beaten
1 tsp vanilla essence
1/2 tsp grated orange rind
1/4 tsp grated lemon rind
1 cup currants
Glaze : mix 1/3 cup icing sugar + 1 1/2 tsp lemon juice

Hot Cross Muffins 2

1. In large bowl mix together flour, sugar, baking powder, salt, cinnamon and allspice.
2. In separate bowl mix together milk, butter, egg, vanilla, orange rind and lemon rind.
3. Make a well in centre of dry ingredients and add milk mixture. Stir to just combine, then fold in currants.
4. Spoon batter into prepared muffin pans and bake at 190 C for 15-20 minutes.
5. Drizzle a cross on the top with glaze made from icing sugar and lemon juice before serving.

* foto kanan atas diambil di St.Thomas Cathedral, Mumbai, sesaat sebelum kebaktian Paskah.

Comments

Anonymous said…
lagi rajin bikin kue dan nulis lagi Van? :) cantik sekali di dlm cathedral nya. gue belum pernah bikin hot cross muffin, what a good idea!
Unknown said…
Wah..Seneng deh krn mbak Van udah back to the kitchen. wekekeke... As usual, it's always fun to read ur blog and enjoying ur photographs. Dan skarang, ketambahan cerita2 seru dr India. Boleh ya...nyobain hot cross muffin nya..juga potato bread/cakenya. Hehehe...

Have a nice day!
Anonymous said…
Dah lama link ke web ini, blum ada update ternyata hari ini menemukan beberapa. Muffin nya menggoda, bikin laper aja, apalagi ujan2 gini. wah enaknya makan yang anget2. Btw, Selamat Paskah
simply cake said…
hai mbak vania...happy easter...
jauh bgt sih sampe ke mumbai...tp fotonya spektakuler bgt nih, bikin orang jadi kepengen ke mumbai. btw msh pake canon lama? sering2 posting ya, soalnya banyak umat yg nungguin lho...:p
Epilicious said…
hi... aku paling suka sama blognya mba. Bagussss bgt. Foto2nya keren and bagus bgt. Bagi2 ilmu donk...:) Boleh di link gak, mba? Aku mayan sering praktekin resepmu loh. Thanks for sharing.
Vania said…
Eliza,
ide buat bikin hot cross bun itu rasanya cemerlang bgt :D, trutama u/ org2 'pemalas' kayag gw :)
Cathedral-nya bagus, gereja ini 1st Anglican Church di Mumbai, sekarang udah jadi Grj Protestan, tapi masih bawa 'nuansa Anglican'nya.

Cherry,
Thx dah mampir lagih. Mudah2an blog ini bisa dinikmati deh. Seneng banget kalo emang bisa berguna.

Anonymous,
Thx yah. Ujan2? di Jkt yah? moga2 gak kebanjiran. Di sini lagi puanaaaas bgt. Padahal katanya belom puncak summer niy.

Ratnaaaa...
apa kabar, miss u. Maaf kalo gw jarang posting, maklum moody. Kadang baking/cooking, tapi males foto2. Kadang emang males masak :(
Canon... hi..hi.hi.. Pertengahan 2007 ixus tua gw ngadat, sampe akhirnya gak bisa ngambil gambar samsek. Mo perbaiki, kog jauh bgt tempatnya. Eee Nov lalu suamiku dpt farewell gift wkt pindah dr Bppn- Canon A710 IS. mmm rejeki. Itu sekarang jd soulmate gw, selalu ikut kemana gw pegi. Gimana kbr Ixus 50-nya Rat?

Epoy,
thx, duuu dikaw membuatku 'melayang'. Thx pujiannya. Silahkan di link.
Kapan kita diajak 'Baking Together' niy?
Epilicious said…
waks...! jauh..... baking together in mumbai hehehe. Seru..seru.. seru... moga2 finally bisa baking bareng mba, and i'll be the student :)