Lemon Cake

Waktu lagi nge'bake' cake ini... aduhay... wangi lemon merebak seantero rumah.
Selain wangi, cake ini juga soft bgt. Cocok u/ sarapan, atau u/ minum teh sore2.
MMmm yummy... Resepnya gue modifikasi dari resep di majalah femina.
Kalo Patrick...sukanya makan cake ini bareng es krim.

Image hosted by Photobucket.com
100 gr butter
175 gr gula pasir (halus)
2 butir telur ayam
4 sdm susu cair (low fat)
2 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda
175 gr terigu
1 jeruk lemon (ambil air, parut halus kulitnya)

Cara membuat:
1. Siapkan loyang persegi ukuran 20x20x4 cm, oleskan margarine hingga rata.
Taburi sedikit terigu, ratakan...sisihkan
2. Kocok butter dan gula pasir hingga kental dan gula larut.
Tambahkan telur satu persatu sambil terus kocok hingga rata.
3. Masukkan susu, air jeruk dan parutan kulit jeruk sambil terus dikocok hingga rata.
4. Tambahkan tepung terigu, baking powder dan baking soda, aduk rata.
Tuang ke dalam loyang, ratakan.
5. Panggang dalam oven panas bersuhu 180 C selama 35 menit hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan, angkat dan biarkan dingin.
SAJIKAN.

Image hosted by Photobucket.com
**sebenarnya di resep ini bagian akhirnya ditaburi gula bubuk diatas cake, cuma gak gue lakukan. Alesannya... sebenarnya tiap kali masak/baking gue selalu ngusahain ngurangi jumlah gula juga telur. Seperlunya aja. Jadi... kita jarang pake taburan gula bubuk gitu.

Comments

Anonymous said…
Aduuh ga pernah ada yg muji aku bikin kue kecuali waktu bikik kue lemon pake resep Vania ini wah hwboh dwh ampe mertoku jg minta lagii. Anak2 ku jg suka banget padahal buatan aku itu kuenya asem banget lho lemonnya. memang betul mesti asem ya. Thanks for sharing, resep nya matep2 lho dan fotonya itu benar2 hebring, bikin ngiler. Wah salut aku sama vania, kok sempet yah, ya bikin kuenya ya memfotonya ya megurus anak2 dan rumah. Bravo... bravo.
henny said…
mbak, aku nambahin susu 15 cc karena kok adonan kental banget kyk mau bikin cookies. hasilnya sih empuk, crumbly tapi kok permukaannya ada sedikit bopeng. apa karena nekad tambahin susu ya? Tks